Kamis, 9 Agustus 2018 bertempat di Green Garden Hotel Tuban Dr.dr.Supriyantoro Sp.P MARS selaku Ketua umum Indonesia Healthcare Forum (IndoHCF) bersama team berkesempatan hadir kedua kalinya, setelah kunjungan beberapa tahun lalu. Kegiatan IndoHCF antara lain melakukan peninjauan PSC 119 dan pelatihan Bantuan Hidup Dasar (BHD) bagi masyarakat awam yang diikuti oleh berbagai instansi berjumlah 50 orang di Kabupaten Tuban. Pembukaan oleh Ibu Haji Endah Nurul selaku Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban yang menyambut kedatangan rombongan dari IndoHCF sangat mengapresiasi perhatian dan support terhadap perkembangan PSC di kabupaten Tuban.

Public Safety Center (PSC) 119 Kabupaten Tuban

Pemerintah Kabupaten Tuban meluncurkan pelayanan tanggap darurat Public Safety Center (PSC) 119, bersamaan dengan pencanangan "Jawa Timur Sehat Melalui Pendekatan Keluarga" yang berlangsung di alun-alun pada hari Kamis 16 November 2017.

Plt Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban, Hj Endah Nurul mengatakan adanya PSC 119 di kabupaten Tuban sesuai dengan arahan Menteri Kesehatan Indonesia Nila F Moeloek agar terus dikembangkan. Selain itu juga merupakan amanah dari instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2013. Dalam instruksi Presiden tersebut disebutkan bahwa seluruh kabupaten/kota di Indonesia harus membentuk PSC.

PSC 119 Kabupaten Tuban yang dikomandoi oleh dr.Alvian Yuniarta dengan anggotanya antara lain Priyo Sulistiono S.Kep.,NS, Achmad Abdul Latif S.Kep Ns, Ismadi S.Kep.,Ns dan seksi medis yang terdiri dari seluruh rumah sakit dan puskesmas di Kabupaten Tuban (Jejaring). Saat ini berlokasi di IGD Trauma Center RSUD dr.R. Koesma Kabupaten Tuban, Jl. dr.Wahidin Sudiro Husodo, 800 Tuban dengan satu unit ambulance dari Kementrian Kesehatan.

Kendala yang dihadapi PSC 119 Kabupaten Tuban:

  • Kurangnya tenaga/anggota di seksi call center
  • Peralatan yang terbatas (2 unit PC/Monitor)
  • Sudah adanya jejaring PSC 119 Tuban di seluruh Rumah Sakit dan Puskesmas kabupaten Tuban namun belum dapat maksimal

Rencana pengembangan PSC 119 Kabupaten Tuban:

  • Menguatkan lagi jejaring PSC 119 Tuban yang sudah ada kepada seluruh Rumah Sakit dan Puskesmas serta instansi lain yang dapat terlibat dalam SPGDT di Tuban dengan alat komunikasi radio medik (HT)
  • Melakukan sosialisasi tentang SPGDT yang lebih luas kepada masyarakat Tuban
  • Serta kemudahan akses dalam panggilan 119 dengan menggunakan inovasi local area sistem android

Pembukaan Peninjauan dan Pelatihan Bantuan Hidup Dasar oleh Haji Endah Nurul selaku Plt.Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban

Kunjungan Fasilitas PSC 119 Kabupaten Tuban di IGD RSUD dr.R.Koesma

Foto Bersama Peserta Pelatihan BHD di Kabupaten Tuban

  Time & Location

Google Maps

  Timetable

  • Tidak ada timetable untuk event ini

  Speaker Profiles

  • Tidak ada profil pembicara untuk event ini

  Materials

  • Tidak ada materi untuk event ini
  •   Silahkan Daftar / Login terlebih dahulu sebelum mendownload Material disini

  Komentar

Komentar Hanya Untuk Member

Komentar hanya bisa dilakukan oleh member IndoHCF.
Belum memiliki akun? klik disini untuk membuat akun baru.